Programlah Suliminal Kita !

SHARE:

Alhamdulillah segala puji bagi Allah Subhanahu Tabaroka Wa Ta’ala yang selalu mengabulkan do’a bagi hamba yang memohon kepada-Nya. Sholawat serta salam senantiasa kita haturkan kepada junjungan Nabi Agung Muhammad SAW.

Pada tahun 1895, di kliniknya di Jenewa, Swiss, seorang dokter bernama Emile Couve mengembangkan sebuah tehnik psikologis untuk membantu pasien-pasiennya, yang kemudian mengakibatkan terjadinya revolusi dalam ilmu pengobatan modern. Dia mengajari setiap pasiennya agar setiap kali mengulang-ulang afirmasi yang dirancangnya: “Setiap hari dengan berbagai cara saya bertambah baik dan terus bertambah baik.” Walau metoda afirmasi ini pada mulanya ditolak oleh berbagai kalangan karena di anggap terlalu sederhana, namun ternyata hasil positifnya tidak dapat dipungkiri efektifitasnya. Klinik Dr. Couve mulai mencapai tingkat kesembuhan sampai lebih dari 500% kalau dibandingkan dengan klinik dan rumah sakit lain di seluruh Eropa. Kebiasaan dapat dikembangkan kira-kira selama 21 hari, jadikanlah afirmasi ini sebagai kebiasaan dengan cara mengucapkannya dua kali dalam sehari selama 21 hari berturut-turut, dan lihatlah hasiknya yang luar biasa.

Kegiatan self development yang paling sederhana dan tidak memakan biaya sama sekali adalah  autosuggestion yang diperkenalkan oleh seorang pakar hipnosis dari Perancis bernama Emily Couve (???). Emily mengajarkan teknik ini pada pasien-pasiennya, sebelum tidur dan ketika bangun pagi mereka diminta untuk mengucapkan kata-kata tertentu berulang-ulang. Kata-kata yang diucapkan antara lain adalah: ‘Im getting better and better everyday‘  (saya bertambah baik setiap harinya). Jadi autosuggestion adalah metode pengucapan pernyataan atau afirmasi positif secara berulang-ulang kepada diri sendiri. Metode ini juga disebut sebagai self-hypnosis.

Woww… para pakar psikologi mungkin lebih mengenal Emile Couve dibanding Rasulullah Muhammad s.a.w yang telah membawa mu’jizat Al Qur’an Al Kariim, dimana ada perintah sholat yang didalamnya merupakan do’a. Inilah self development paling sempurna, autosuggestion berupa afirmasi ini tidak hanya dilakukan sebelum tidur dan bangun tidur, umat Islam bahkan melakukannya minimal 5x dalam sehari, metode ini tidak lantas berhenti setelah 21 hari namun wajib dilaksanakan sepanjang hidupnya sampai mati, subhanallah.

Teori Emily Couve (???) mengenai afirmasi :  Im getting better and better everyday‘  (saya bertambah baik setiap harinya) agaknya hanyalah plagiat dari konsep “kulli yaumin ziyadan” (setiap hari bertambah –minimal satu kebaikan-) yang diperkenalkan dalam kitab Ta’limu Al Muta’alim yang disusun Syeikh Zarnuji


Dasar afirmasi
 
Afirmasi sebenarnya adalah pernyataan positif yang terus diulang-ulang sampai tertanam di dalam bawah sadar seseorang. Ada lima kunci dalam merancang sebuah afirmasi yang berhasil:
  1. Singkat: Anda harus dapat mengucapkan afirmasi Anda dalam satu kali hembusan napas. Itu bisa Anda ucapkan dengan lantang keseluruh dunia, atau dalam hati berulang kali. Afirmasi ini harus dapat diingat dengan mudah. Itulah mengapa para  ustadz di surau atau mushola menanamkan kebiasaan afirmasi ini pada anak usia dini dengan hafalan surat pendek dan do’a – do’a pendek yang mudah dihafalkan.
  2. Sederhana: Sebuah afirmasi membutuhkan niat yang teguh agar akhirnya bisa menjadi kenyataan. Kalau perlu buatlah satu seri afirmasi kalau memang dibutuhkan berbagai langkah untuk membuat impian Anda menjadi kenyataan. Yup… berdo’alah di setiap aktifitas anda, berdo’alah menjelang tidur, berdo’alah setelah bangun, sebelum masuk kamar mandi, sebelum wudhu, sesudah sholat, sebelum makan, sesudah makan, sebelum bepergian, sebelum naik kendaraan, astaghfirullah… ternyata banyak hal-hal sederhana yang mulai kita abaikan.
  3. Realistis: Jika memanjatkan do’a yang khusus karena kita mengharapkan sesuatu, berdo’alah pada sesuatu yang realistis, ga perlu lebay. Tempatkan do’a setelah mengerahkan segala usaha dan daya upaya.
  4. Positif: Hindari su’udhon (buruk sangka), kata-kata negatif dan negative thinking lainnya yang bisa menimbulkan sikap pesimis, skeptis, apatis. “Al kalamu nisfu du’a” bahwa perkataan sebaian dari do’a, maka berhati-hatilah dengan ucapan kita. Bersikaplah optimis, dan mari taklukan dunia.
  5. Sekarang: Mulailah membuat perubahan sekarang juga! Tidak ada gunanya menunggu waktu yang lebih baik untuk memulainya. Jangan biarkan kekeliruan akibat kesalah pahaman masa lalu menghambat kita! 



Tahukah kawan jika kita sering mengucapkan afirmasi pada diri sendiri? Tapi pernahkah kita mengevaluasi afirmasi macam apa yang kita ucapkan pada diri seniri ? Nah dengan terbiasa berafirmasi positif maka pelan-pelan kita memrogram pikiran bawah sadar dengan hal-hal yang positif dan nantinya akan sangat berpengaruh pada pada pemikiran, tindakan, perbuatan, sistem nilai dan belief systemmu kawan.

Meski sederhana dan murah namun autosugestion juga mempunyai kekurangan. Kekurangan ini terletak pada bagaimana kondisi belief system yang sekarang mendominasi seseorang. Jika kita mengucapkan sebuah afirmasi (misal: do’a yang ingin dicapai masa depan) namun isi dari afirmasi tersebut  bertentangan dengan kondisi yang saat ini kita alami, maka pikiran sadar akan menggali informasi dari pikiran bawah sadar, menganalisa afirmasi tersebut dan membandingkannya dengan informasi tentang kondisi saat ini. Belief system akan menolak afirmasi tersebut biarpun kita telah mengucapkannya do’a ribuan kali. Diperlukan effort yang besar dari kita agar afirmasi tersebut dapat menetap dan menggantikan informasi lama di pikiran bawah sadar. Nah, apakah ada cara lain untuk mengatasi kesulitan ini?

Ya dan subliminal adalah jawabannya. Subliminal adalah pesan atau sinyal yang didesain agar tidak dikenal oleh pikiran sadar namun ia terbaca dan disimpan oleh pikiran bawah sadar. Desain ini untuk mencegah agar pikiran sadar manusia tidak punya kesempatan mengolah dan menganalisa pesan/sinyal tersebut. Pikiran sadar mempunyai kecenderungan untuk menyortir semua informasi yang masuk dan persepsi manusia antara lain dibentuk oleh informasi dan data tersebut. Apabila pikiran sadar menolak informasi tertentu maka informasi itu tidak menjadi bagian dari persepsi kita. Namun jika informasi itu diterima oleh pikiran sadar, ia akan disimpan di pikiran bawah sadar dan dikemudian hari akan sangat berpengaruh pada pemikiran, tindakan, perbuatan, sistem nilai dan belief system seorang manusia.
 
Ada 2 macam subliminal yang penggunaannya cukup dikenal yaitu:
·    dengan suara
·    dengan teks


Jangan Biarkan Selain Al Qur'an Menguasai "Subliminal" Kita

Pada dekade 1950-an seorang pakar pemasaran bernama James Vicary melakukan percobaan subliminal advertising di sebuah bioskop. Ia memasukkan subliminal frame yang mengandung kata-kata “Minumlah blablabla” dan “Belilah popcorn blablabla”  di dalam film yang sedang diputar. Frame ini bergerak sedemikian cepat sehingga penonton tidak melihat tulisan tersebut di layar bioskop. Selama 1 jam lebih mereka terpapar oleh teks subliminal tersebut. Hasilnya: penjualan minuman ringan merek tertentu naik 18 persen dan penjualan popcorn meroket sampai 50 persen. Subliminal advertising ini amat efektif sehingga di negara-negara maju penggunaannya diawasi dengan ketat.

So….jangan biarkan segala informasi entertaintmen ataupun infotaintmen, sinetron, musik, film menguasai pikiran bawah sadar kita. Jika perlu hitung presentasinya, antara afirmasi (dari diri) berupa do’a – sholat – tadarus dengan afirmasi (dari luar) berupa infotaintmen – musik  – film…. Hufth,,, dan mana yang lebih dominan menguasai “subliminal” kita setiap harinya ?.

Dari artikel ini kita mengetahui bagaimana teknologi subliminal bekerja. Mulai sekarang jagalah selalu pikiran dan kata-kata ke arah positif agar perbuatan dan tindakan selalu mengarah ke arah yang positif juga. Carilah pertemanan dengan orang-orang yang ‘positif’ dan jauhilah orang-orang yang mentalnya  ‘negatif’ (sering berkeluh kesah, marah-marah, emosi tidak terkendali, dll). Namun sering juga kita tidak dapat menghindari mereka karena mereka adalah bagian dari ritme hidup kita. Jadi cara terbaik yang bisa kita lakukan adalah menjadikan diri kita secara mental sangat kuat berakar dalam hal-hal yang baik sehingga negativitas dari orang-orang tersebut tidak berdampak pada mental kita. Subhanallah,,, ternyata do’a merupakan program self development agar hidup kita berjalan dengan sukses sehingga akhirnya  orang-orang bermental ‘negatif’ di sekitar kita lalu terinspirasi dengan keberhasilan kita.

Tentu sulit menghindari segala macam informasi dari kehidupan sehari-hari, yang bisa kita lakukan hanyalah mensortirnya kembali, dan lakukan verifikasi apakah segala informasi yang kita konsumsi sesuai dengan ajaran Islam dan Al Qur'an Al Karim. Bacalah Al Qur'an walaupun belum mengetahui maknanya, setidaknya sehari 5 kali dalam sholat (bukankah membaca ayat-ayat al qur'an merupakan salah satu rukun sholat) jika perlu tambah dengan tadarus, dan insyaallah itu sudah cukup untuk menenamkan ke dalam alam bawah sadar kita, seiring berjalannya waktu dan pengetahuan kita insyaallah akan segera kita ketahui maknanya.
Firman Allah Subhanahu Tabaroka Wa Ta’ala, insyaallah kurang lebih artinya :

Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku[*] akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina." (QS Al Mu’min ; 60)
[*]  Yang dimaksud dengan menyembah-Ku di sini ialah berdoa kepada-Ku.

Waminhum ma(n)yaquulu : Rabbanaa aatinaa fiddunyaa hasanata(w) wa fil aakhirati hasanata(w) wa qinaa adzaaba(n) naar
Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka"[*]. (QS. Al Baqarah : 201)
[*]. Inilah doa yang sebaik-baiknya bagi seorang muslim.

Maha Benar Allah dengan segala firman-firman Nya.

Semoga bermanfa'at.

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Nama

Atheis Blogging FlasFict I'tibar(Inspirasi) Iseng Ketuhanan Konspirasi Muhasabah(Introspeksi) Mujadalah(Berdiskusi) Muroja'ah(Mengulangi) Muthola'ah(Menganalisa) PR Silaturrahiim Ta'lim Tajwid Tarikh Wanita
false
ltr
item
Debu Semesta | Just For You: Programlah Suliminal Kita !
Programlah Suliminal Kita !
http://3.bp.blogspot.com/_3jvFsmnoEjs/TPxfyfZi2aI/AAAAAAAAACs/y3jU55p8N88/s320/brain-speaks-paralysis.jpg
http://3.bp.blogspot.com/_3jvFsmnoEjs/TPxfyfZi2aI/AAAAAAAAACs/y3jU55p8N88/s72-c/brain-speaks-paralysis.jpg
Debu Semesta | Just For You
http://www.samaranji.net/2010/12/programlah-suliminal-kita.html
http://www.samaranji.net/
http://www.samaranji.net/
http://www.samaranji.net/2010/12/programlah-suliminal-kita.html
true
764168301857459650
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy