Blogger Istiqomah : Gampang Gampang Susah Bro!

SHARE:

Bismillahirohmaanirrohiim, Alhamdulillah, wassholatu wassalamu 'ala Rosulillah sholallahu 'alaihi wasallam.

Eh... dari judulnya dah keliatan ya, kalo mau ngelanjutin yang kemaren? Hehe, pasti si Haris Samaranji kehabisan ide nih buat posting. Yah ini sih cuman mau nulis sesuatu yang tertunda, karena tulisan kemaren terkendala oleh batasan waktu dan aturan kalimat baku makanya lanjutan yang sebenarnya udah liar tak tertahankan untuk ditumpahkan ini saya tulis dipostingan baru. Kalo postingan lalu sy edit, takut didiskualifikasi entar. Langsung ajah deh, nggak usah panjang lebar, kalo kepanjangan kasian emak2, kalo kelebaran pada nangis tuh bapak2 *eits dilarang piktor (pikiran kotor) :D


Beberapa kendala menjadi blogger istiqomah (konsisten), cekidot :

Kehilangan Motivasi : skip >>> kemaren kan udah...
Kehilangan Inspirasi : skip >>> ini juga udaaaah, yang iqro' itu kan?
Walaupun sudah, bagaimana kalo kita lakukan muroja'ah (pengulangan) lagi? setuju kan,,,, kamu? kamu? hey kamu yang lagi ngupil, setuju enggaaaak?.... enggaaak! *plaak (cah ngeyel emang kudu dikeplak).

Kehilangan Motivasi

Ngeblog untuk ibadah? Aaah... terlalu menyederhanakan masalah! Ya iyalah, ituh kan motivasi yang relevan untuk para primus (pria mushola), kita masih mudaaa meeen! kita dikelilingi kehidupan hedonis yang sekuler, masak dah capek2 ngeblog ditengah sinyal lemot, capek jeprat jepret kadang koneksi lelet, capek2 nulis eeeee disuruh niatin untuk ibadah... Ibadah ke Masjid dong pak Ustadz, bukan di warnet lah...kita masih muda, ustadz!, butuh apresiasi ketika nunjukkin kreasi, butuh aplaus yang mampu memompa kreatifitas biar otak gak aus, butuh tepuk tangan dan pujian "wuaaah kamu hebat, guys!", dan yang lebih penting nih ya ustadz, kita butuh duiiit, sekali lagi duit buat makan, masak ujung2nya... niatyin ibadyah yeeaaaa! mudah amat ngomong gitu, beuh.

Haha... :D, ada nggak ya diantara kita yang mikir gitu, atau cuman imajinasi sy aja yang kelewat binal. Jadi ginih brader en sister, yah enggak papa kalo kita belum bisa meniatkan untuk ibadah, it's okey. Allah Ta'ala enggak ngelarang koq kalo niat kita ngeblog sekedar nyalurin hobi, hepi hepi atau bahkan untuk mencari sesuap nasi, firman-Nya kurang lebih artinya:

QS Al Qashash, 28 : 77. Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (keni’matan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan


Wow, enak kan? Yah itulah Islam, ajarannya begitu masuk akal, rasional dan proporsional. Kalo ngeblog diniatin untuk hepi hepi, ya silahkan, tapi ada syaratnya tuh... liat lagi ayat di atas. Yup, hepi hepi tapi diringi dengan menebar kebaikan dan tidak menimbulkan kerusakan.

Kehilangan Inspirasi

Iqro' dong solusinya... kemarin kan sudah, menyederhanakan masalah lagi? ya enggaklah. Iqro' kan cakupannya begitu luas, kawan. Gak perlu baca buku2 tebal hingga bikin mata kita diharuskan pake kacamata, gak perlu modal besar untuk menghasilkan sesuatu yang mampu berpengaruh besar bagi lingkungan kita.

Bagi kita yang suka berpetualang, bisa kita baca kan bahasa2 alam, bagaimana pohon menjerit ketika ditebang secara serampangan, bagaimana sungai mau muntah ketika dibuat timbunan sampah, bagaimana udara kota yang enggan memberikan O2 karena kita juga enggan menanam pohon penghisap CO2. Bagi kita yang ahli tutorial ngeblog, desain grafis, bikin animasi, atopun otak atik html, biar pembaca nggak bosan sah2 saja jika kita menyelipkan curhat pribadi, pembaca juga manusia boy! yang pasti punya rasa empati, hanya pembaca egois ajah yang menyerap 'ilmu kita tapi nggak ngucapin terima kasih.

Bingung mikirin tema blog? Yaelah... kita ngeblog bukan untuk jadi budak mbah gugel, tuliskan aja apa yang mau kita tulis. Berasa nggak mutu? garing? haha,,, kawan, hidup ini sebuah proses dan biarkan tulisan kita berproses bersama dengan perasaan kita, keahlian kita, 'ilmu kita, dan kehidupan kita. Minat dan keahlian kita tentu berbeda, itulah mengapa kita diperintahkan untuk berjama'ah agar kita bisa memetik hikmah bahwa, apa yang saya ketahui belum tentu kauketahui dan apa yang kauketahui belum tentu kuketahui, yuk berbagiii...

Kehilangan Koneksi

Bagaimana kalo niat udah membuncah, ide2 dikepala udah mo tumpah ruah, tapiii... sinyal internet enggak mendukung, bikin esmosiii apalagi kalo listrik mati. Aaaaarghh... Kalo jadi orang kaya sih enak kali ya, ketika sinyal gak ada dan listrik belum nyala bisa ngeblog lewat BBM, lah kita? Cool men~... sellow aja, ciptakan kebahagiaan di tengah kesusahan, ini hanya masalah perasaan. Kita bisa mencatat ide2 di buku catatan, enggak jaman? enggak ngedukung go green? Hhh... kata siapa penulisan lewat buku menyebabkan global warming, kata siapaa~?

Justru penulisan lewat buku adalah salah satu metode back to nature, loh bukankan dengan literasi lewat kertas menyebabkan kita menghabiskan pohon2 kelewat batas? Hey,,, wake up kawan, itu cuman akal2 para penebang hutan yang enggak bertanggung jawab, alasan itu digunakan agar pohon yg digunakan untuk produksi kertas bisa diminimalisir, sedangkan sisanya? mereka gunakan yg tidak semestinya... sekali lagi itu hanya alasan. Penggunaan internet berlebihan justru menghabiskan sumber daya alam energi listrik, dan ini lebih berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia. Gunakan kertas secara proporsional, dan jangan lupakan reboisasi untuk kesejahteraan bumi, kawan. *ngelantur* haha.

Truss, apa dong solusinya jika kehilangan koneksi internet? Yaaaah, enjoy aja. Istirahatlah, tinggalkan kesibukkan dunia maya jadikan hal ini sebagai peringatan bahwa mungkin kita sudah lama mengabaikan kehidupan nyata. Bersosialisasi lewat maya sih enggak papa, tapi jangan abaikan dung orang2 di sekitar kita di kehidupan nyata. Masak kita mau terus2n ber- haha hihi didepan monitor ataupun senyam senyum ndiri sambil kepala nunduk membaca ponsel, tapi melupakan orang2 tercinta di sekitar kita yang lebih membutuhkan perhatian  dan kasih sayang. Kehidupan maya emang dapat mendekatkan orang2 yang jauh di sana, namun, jangan malah menjauhkan orang2 terdekat kita di kehidupan nyata.

Makasih, jika kawan2 berkenan membaca, menambahkan, maupun mengoreksi. Sungguh indah jika kita membiasakan diri untuk hidup dalam sinergi berjama'ah. Semoga bermanfa'at.

COMMENTS

BLOGGER: 32
Loading...
Nama

Atheis Blogging FlasFict I'tibar(Inspirasi) Iseng Ketuhanan Konspirasi Muhasabah(Introspeksi) Mujadalah(Berdiskusi) Muroja'ah(Mengulangi) Muthola'ah(Menganalisa) PR Silaturrahiim Ta'lim Tajwid Tarikh Wanita
false
ltr
item
Debu Semesta | Just For You: Blogger Istiqomah : Gampang Gampang Susah Bro!
Blogger Istiqomah : Gampang Gampang Susah Bro!
http://4.bp.blogspot.com/-uItFl5Mshxc/T1g1wHMuM9I/AAAAAAAAAjw/JZ81nPR9Y-A/s1600/istiqomah-blogger-samaranji.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-uItFl5Mshxc/T1g1wHMuM9I/AAAAAAAAAjw/JZ81nPR9Y-A/s72-c/istiqomah-blogger-samaranji.jpg
Debu Semesta | Just For You
http://www.samaranji.net/2012/03/blogger-istiqomah-gampang-gampang-susah.html
http://www.samaranji.net/
http://www.samaranji.net/
http://www.samaranji.net/2012/03/blogger-istiqomah-gampang-gampang-susah.html
true
764168301857459650
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy