Pendidikan Itu Murah, Yang Mahal Hanya Ijazah

SHARE:

Bismillahirrohmaanirrohiiim. Alhamdulillah, was sholatu wassalamu 'ala Rosulillah SAW.

Dulu (dan mungkin sekarang) orang orang ber"pendidikan" kalo lagi sidang dan musyawarah selalu saling mengingatkan jika ada perselisihan, "Kita selesaikan dengan kepala dingin, kita kedepankan persatuan dan kesatuan, kita kan manusia ber-pendidikan masak mau gontok gontokan dan adu fisik seperti tukang becak dan preman pasar". Dan sekarang... (mungkin loh... mungkiiin) justru para tukang becak dan preman pasar yang gantian mengingatkan teman temannya jika bertengkar, "Sudah sudah... kita harus akur, masak mau bertengkar terus sampai adu fisik kayak pejabat dan anggota dewan."    


Selama ini kita menganggap pendidikan di Negeri kita tercinta Indonesia ini mahal yah. Jika kita merasa pendidikan itu mahal mengapa kita tidak mendidik diri sendiri aja yang pasti dijamin murah, iya kan?  Definisi "pendidikan" menurut KBBI online sih gini... pen.di.dik.an : proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, perbuatan mendidik.

Yapz... sebenarnya masing masing kita bisa koq mendidik diri sendiri, cuman ya itu... gak dapat ijazah, penghargaan, ato legitimasi dari lembaga ato instansi. Selama ini kita berfikir orang2 pandai itu yang "pendidikan"nya tinggi, titelnya banyak, itulah mengapa mungkin ada diantara kita yang sampai merendahkan "pendidikan" orang tua, jangan heran jika banyak anak yang berani pada orang tua, na'udzubillahi min dzaliik.

Padahal, masing2 kita itu unique. Masing masing kita memiliki kelebihan, kita manusia pasti dan pasti pandai di bidangnya masing masing. Tingkat intelegensi seseorang bukan hanya diukur dari aspek numerik (angka) dan linguistik (bahasa). Masih banyak koq manusia manusia di sekitar kita yang tidak mengenyam pendidikan formal namun mentalitas dan moralitasnya melebihi dari manusia berpendidikan. Masih banyak manusia manusia berhati emas yang berkenan mengerahkan tenaga dan pikiran untuk memberikan pendidikan gratis. Pendidikan tidak sebatas berkutat dengan buku, ada keterampilan dan praktek di kehidupan sosial yang membuat hidup kita lebih bermutu.











"Orang pandai akan senantiasa belajar, 
ketika merasa pandai maka saat itulah ia bodoh"

Pendidikan itu murah kawan, jika kita berorientasi pada kualitas diri bukan sekedar tuk meraih eksistensi. 

Selamat Hari Pendidikan Nasional. Jayalah Negeriku Tercinta, Indonesia!!!

COMMENTS

BLOGGER: 30
Loading...
Nama

Atheis Blogging FlasFict I'tibar(Inspirasi) Iseng Ketuhanan Konspirasi Muhasabah(Introspeksi) Mujadalah(Berdiskusi) Muroja'ah(Mengulangi) Muthola'ah(Menganalisa) PR Silaturrahiim Ta'lim Tajwid Tarikh Wanita
false
ltr
item
Debu Semesta | Just For You: Pendidikan Itu Murah, Yang Mahal Hanya Ijazah
Pendidikan Itu Murah, Yang Mahal Hanya Ijazah
Debu Semesta | Just For You
http://www.samaranji.net/2012/05/pendidikan-itu-murah-yang-mahal-hanya.html
http://www.samaranji.net/
http://www.samaranji.net/
http://www.samaranji.net/2012/05/pendidikan-itu-murah-yang-mahal-hanya.html
true
764168301857459650
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy